Saturday, May 7, 2016

LAKSANA MALIDA, MENGGILA SEMANGATNYA, 2016



Baru-baru ini telah berlangsung kegiatan Perkemahan dan Bakti Sosial Pelantikan Penegak Laksana, yaitu tingkatan syarat-syarat kecakapan umum kedua dalam satuan pramuka penegak setelah penegak bantara. Kegiatan laksana kali ini merupakan kegiatan pelantikan penegak laksana yang kedua dalam sejarah berdirinya MA Mathalibul Huda selang beberapa tahun yang lalu. Kegiatan yang berslogan “Pramuka kuwi happy” ini berlangsung selama empat hari, mulai hari Sabtu sampai Selasa, 12-15 Maret 2016 dan diikuti kurang lebih 50 peserta baik dari kelas sepuluh maupun kelas sebelas yang telah memenuhi persyaratan serta di handel oleh sekitar 20 panitia alumni dari MA sendiri.  
Kreatifitas dan kegilaan semangat para peserta berbaur rapi menyelimuti suasana perkemahan, ditambah lagi kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat camp yang berbeda. Camp pertama di Desa Puring tepatnya di rumah Bapak Maswan sekaligus menjadi tempat sekretariat panitia, dan juga di sekitarnya menjadi tempat pendirian tenda para peserta. Perjalanan menuju camp pertama ini ditempuh kurang lebih selama tiga jam dengan berjalan kaki (racing) melewati hutan, sawah dan pemukiman penduduk.
Selanjutnya camp kedua berada di Desa Jerukwangi tepatnya di rumah Bp. Thoyyibin selaku pembina pramuka MA Malida. Para peserta melakukan racing yang kedua untuk menuju camp ini, racing kali ini berbeda dengan racing pertama karena peserta harus membawa seluruh peralatan individu dan peralatan sangga yang cukup berat ditambah lagi dengan sinar matahari yang menyengat kulit dan rute yang lumayan terjal memicu rasa lelah dan pegal di seluruh badan. Namun, banyak hal yang berkesan selama di perjalanan, jiwa korsa dan non apatisme secara tidak langsung diuji oleh alam yang seakan menyatu saat itu. Selain hanya berjalan kaki dan bernyanyi, para peserta juga diharuskan untuk mengamati potensi wilayah tersebut sebagai bahan presentasi nantinya.
Selain kegiatan racing, kegiatan lainnya juga tak kalah seru dan gila semangatnya. Misalnya kegiatan lomba yel-yel dan LBB,  outbond kering dan basah, penyulutan api dharsa dharma pramuka, penyerahan bibit tanaman kepada warga, jogging dan senam bersama, kegiatan memasak yang digilir, dan masih banyak lagi keseruan dan kegilaan semangat para peserta laksana. Tentu tak luput dari pengawasan dan bimbingan kakak-kakak panitia.
Outbond kali ini dilaksanakan di tepi sungai tak jauh dari camp peserta, dalam outbond ini para peserta ditanamkan jiwa kekompakan, kerjasama, dan kedisiplinan. Pada dasarnya kegiatan perkemahan dan bhakti sosial pelantikan penegak laksana ini bertujuan untuk membentuk karakter dan mental para peserta, dengan kenaikan tingkatan penegak dari bantara menuju laksana diharapkan para peserta dapat menjadi laksana yang sebenarnya yaitu mampu melaksanakan apa yang benar, mampu berdiri tegak, mandiri, dan berjiwa korsa yang tinggi.
Pada periode Dewan Ambalan 2015/2016 ini mampu melangkah lebih jauh pada kegiatan penegak laksana, pada tahun sebelumnya kegiatan pelantikan penegak hanya sampai pada tingkatan bantara karena disebabkan beberapa faktor, misalya waktu yang sangat terbatas untuk membahas dan merancang proposal kegiatan, adanya persiapan lomba-lomba kepramukaan lainya, serta tugas-tugas mata pelajaran oleh masing-masing anggota.

 “Kreatif, gila, happy”, tutur Kak Muhammad Rendi selaku ketua panitia kegiatan tersebut, membuktikan bahwa perkemahan pelantikan laksana tahun ini dirasa lebih sukses dan amat berkesan di benak dan hati para peserta juga panitia. Berbagai macam renungan tentang nilai-nilai moral kehidupan yang dituangkan kakak-kakak panitia yang akan membekas di benak para peserta, pengalaman juga karakter yang lebih baik terbangun seiring dengan berjalannya kegiatan.
                                                                               Disusun oleh : Nurul Munzayanah

0 comments:

Post a Comment