Friday, November 8, 2013

Kali Ketiga, Jurnalistik MA Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik


Unit Ekstrakurikuler Jurnalistik MA Mathalibul Huda Mlonggo untuk kali ketiga mengadakan Pelatihan Dasar Jurnalistik. Kegiatan ini dilaksanakan Hari Jumat (11/10) yang bertempat di aula madrasah. 
Pelatihan yang diikuti sekitar 35 siswa anggota jurnalistik ini terdiri dari kelas X dan XI. Nunuk Agustin selaku ketua Jurnalistik berharap dengan adanya kegiatan ini para anggotanya akan semakin termotivasi dan bersemangat dalam menekuni jurnalistik. “Kegiatan pada hari ini (Jumat-red) dilaksanakan dalam dua sesi, yang pada hari sebelumnya sudah diisi oleh kelas XII. Setelah pelatihan ini juga akan dilaksanakan kunjungan ke Suara Merdeka,” tegasnya. 
Sesi yang pertama diisi oleh Akhmad Efendi, wartawan suara merdeka, yang menyampaikan materi tentang dasar jurnalistik dan jenis-jenis berita. “Menulis itu tidak harus dilakukan oleh orang yang ahli, tetapi semua orang bisa melakukannya asal mau berlatih dan berusaha,” ujarnya. 
Pada sesi berikutnya, giliran Syaiful Mustaqim yang memaparkan tentang teknik wawancara dan reportase. Menurut Kontributor NU Online ini, dalam proses wawancara, pewawancara harus mengenali narasumber agar tidak terjadi salah paham. Dijelaskan juga dalam tenik wawancara setidaknya harus mengenal rumus 5W+1H yang meliputi What, Where, Why, Who, When dan How. Kegiatan diakhiri dengan pertanyaan dari para peserta, dan juga penugasan dari panitia agar peserta memiliki pemahaman materi yang telah disampaikan. (Puput Handayani-Hana Agustina)

1 comment: