Thursday, March 10, 2016

TIPS MENUMBUHKAM MOTIVASI BELAJAR SISWA

TIPS MENUMBUHKAM MOTIVASI BELAJAR SISWA

            Dalam kehidupan pendidikan tentunya tak lepas dari kata “usaha”. Namun, adakalanya seorang siswa berada dalam keadaan jenuh dan bosan terhadap kewajiban yang diembannya yaitu belajar. Dari kejenuhan tersebut banyak sekali dampak negatif yang tersirat maupun tersurat. Bisa jadi seorang siswa akan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, malas dalam belajar, hasil belajar menurun, tidak naik kelas, bahkan dapat mempengaruhi kesehatannya.
            Menurunnya semangat belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti, frustasi, materi terlalu mudah/sulit, bosan dengan sistem pembelajaran di sekolah, bosan dengan gurunya, dorongan dunia maya, dan dari segi pergaulannya. Maka dari itu motivasi belajar mmerupakan salah satu hal penting untuk mendapatkan hasil belajar yang baik. Nah, beberapa hal yang dapat dilakukan siswa untuk menumbuhkan motivasi belajar yaitu :
  1. Temukan suatu hal yang dapat memunculkan semangat belajarmu. Seperti, orang tua, sahabat, teman dekat, peringkat dll.
  2. Tumbuhkanlah rasa percaya diri bahwa kalian bisa menjadi juara kelas.
  3. Jangan takut bersaing dengan teman-teman kalian yang pandai. Karena pada dasarnya semua orang sama, yang berbeda hanyalah usahanya.
  4. Ciptakanlah rasa ingin mencapai cita-cita setinggi mungkin untuk kehidupan kalian kelak.
  5. Tanamkan dalam jiwa kalian bahwa “aku bisa dan Aku Mampu” dengan kepercayaan yang penuh.
  6. Lakukan cara belajar yang setidaknya dapat menumbuhkan semangat belajar kalian.
  7. Cobalah menonton video-video yang dapat meningkatkan motivasi belajar kaliandi youtube ataupun media lain.
Jadi teman-teman, gak ada yang salah buat belajar, itu buat menambah pengalaman kok. Hilangkan semua pikiran NEGATIF dalam diri kalian, kejarlah IMPIAN dan RAIH kesuksesan. Karena kunci sukses sebenarnya ada dalam DIRI dan PIKIRAN kalian. Jika kalian berpikir SUKSES , maka kesuksesan akan menghampiri kalian.

0 comments:

Post a Comment