Saturday, May 7, 2016

Kunjungan Siswa Malida, Festival Kartini IV, 2016


Senin(18/04), 6 anak perwakilan dari madrasah mengadakan kunjungan ke pameran festival kartini IV di alun-alun Jepara, guna melihat kondisi dari pemeran tersebut. Berdasarkan wawancara yang telah kami peroleh, terdapat lebih dari 100 stand dari beberapa delegasi. Pameran kali ini berbeda dari pemeran tahun sebelumnya, yaitu berskala Nasional atau diikuti oleh 34 Provinsi, beberapa stand juga berasal dari wilayah Jepara dan delegasi sekolah tertentu, juga mendatangkan kementrian kebudayaan dan pariwisata. Festival ini berlangsung dari hari Sabtu, 16 April 2016 mulai pukul 08.30 WIB sampai hari Senin, 18 April 2016 dengan penutupan pada malam hari pukul 09.00 WIB.
Harlah Jepara ke 467 dan kartini ini semakin meriah dengan berbagai stand yang telah disuguhkan khusus untuk mensosialisasikan potensi Nasional yang ada. Dari provinsi Jepara sendiri menampilkan beberapa stand dari 16 kecamatan, yang terdiri dari beberapa organisasi semisal KWT(Kelompok Tani Wanita), Batik Asli Jepara, beberapa Ukiran dan kerajinan dari kawak, Nahdlatul Ulama dan sebagainya, dari delegasi sekolahan juga menampilkan beberapa stand sesuai dengan jurusan yang ada di sekolahan tersebut, misalnya SMK Bhakti Praja yang menampilkan robotic dan motor rakitan, SMK N 1 Jepara dengan perikanan dan olahan makanannya, dan sebagainya.
Dari provinsi yang lain, semisal dari Provinsi Papua Barat yang menampilkan beberapa kain tenun khas dari daerahnya, makanan khas, dan beberapa kerajinan rumah adat Papua Barat yaitu kaki seribu, dari Papua sendiri membawa beberapa obat dari daerahnya semisal sarang semut, sari buah merah yang berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit, dari Sumatera Utara menampilkan beberapa kain songket khas Pulau Toba yang terbuat dari benang sutra dan katun, dan beberapa makanan khas dari daerahnya.
Dari berbagai stand dari berbagai provinsi tersebut, pada hari terakhir festival terlihat ada yang sudah tutup atau buka lebih lambat, karena dari beragai provinsi lebih memilih untuk menikmati jalan-jalan di sekitar Jepara, dan menikmati beberapa wisata di Jepara, beberapa dari mereka merasa kagum dengan potensi Jepara yang ada.

0 comments:

Post a Comment